Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Pedas sampai Buah Segar dalam Kuliner Thailand

Kompas.com - 18/05/2013, 07:56 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rasa pedas menjadi ciri khas masakan Thailand. Lihat saja masakan Thailand yang telah termasyur, yakni Tom Yam. Kebanyakan Tom Yam yang disajikan memiliki rasa pedas meski tingkat kepedasan bisa diatur.

Menurut Executive Thai Sous Chef dan Konsultan Mandarin Oriental Bangkok, Sumet Sumapachanyanont, memang kebanyakan masakan Thailand menggunakan tiga jenis cabai, mulai dari cabai kecil, cabai kering, dan cabai besar, seperti pada Tom Yam tersebut yang menggunakan cabai kering.

Tom Yam buatan Chef Sumet ialahTom Yam Goong atau ia sebut dengan sup udang. Kuah sup dibuat agak pedas disajikan bersamaan dengan serai dan jamur. Rasa pedas juga ditemukan di Phat Thai Goong, yang merupakan mi goreng ala Thailand yang dimasak dengan daun bawang dan potongan udang.

Som-Tam-Thai

Som Tam Thai. (KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI)

Phat Thai sangat nikmat disajikan panas-panas. Mi khas Thailand tersebut dibuat dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Kalaupun tidak suka pedas, bisa saja meminta untuk tak diberikan cabai terlalu banyak, demikian juga sebaliknya. Jika sangat suka pedas, bisa ditambah lagi dengan bubuk cabai yang memberikan rasa pedas.

Selain pedas, masakan Thailand juga menawarkan kesegaran dari buah-buahan. Chef Sumet membuat kreasi sebagai makanan penutup dari buah mangga, yaitu Khow Niew Mamaung. Mangga yang ia sajikan dipilih yang segar dan rasanya yang manis. Uniknya, potongan mangga tersebut ia sajikan dengan ketan putih yang telah diolah dengan santan.

Paduan rasa keduanya memang menjadi sangat manis. Maka, ia menyarankan, untuk menyantapnya, harus diberikan tambahan es batu. Tak hanya mangga, kesegaran lain pun ditawarkan lewat menu salad. Salad Thailand bernama Som Tam Thai berasal dari serutan pepaya hijau, ebi, kacang tanah, dan buncis.

chef-bangkok

Executive Thai Sous Chef dan Konsultan Mandarin Oriental Bangkok, Sumet Sumapachanyanont. (KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI)

Beragam kenikmatan kuliner Thailand yang dibuat oleh Chef Sumet yang juga merupakan host di program acara memasak di salah satu stasiun televisi Bangkok dapat dinikmati mulai tanggal 13 Mei sampai 18 Mei 2012. Masakannya mengangkat tema "True Thai Flavours" dapat dinikmati di Cinnamon Restaurant, Mandarin Oriental Hotel Jakarta, saat makan siang dan makan malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com